Pemberdayaan UKM di Indonesia Mengurangi Kemiskinan

Pemberdayaan UKM di Indonesia sedang berkembang pesat dan saat ini terbukti menjadi salah satu solusi dalam menggairahkan pertumbuhan perekonomian nasional. Takhanyaitu, pemberdayaan UKM di Indonesia juga mengurangi angka kemiskinan.

Peranpenting UKM sebagai sarana mengentaskan masyarakat kecil dari jurang kemiskinan adalah dengan cara meningkatkan angka penyerapan tenaga kerja oleh UMKM.

Hal ini terbukti dalam data milik Kementerian Koperasi dan UMKM tahun 2011. Disebutkan, lebih dari 55,2 juta unit UMKM mampu menyerap sekitar 101,7 juta orang. Angka tersebut meningkat menjadi sekitar 57,8 juta unit UMKM dengan jumlah tenaga kerja mencapai 114 juta orang.

pemberdayaan ukm di indonesia

Selain itu, pemberdayaan UKM di Indonesia juga dapat meratakan tingkat perekonomian rakyat kecil. Berbeda dengan perusahaan besar, UKM memiliki lokasi di berbagai tempat, termasuk di daerah yang jauh dari jangkauan perkembangan zaman sekalipun.

Keberadaan UKM di penjuru 34 provinsi yang ada di Indonesia tersebut dapat memperkecil jurang ekonomi antara yang berpenghasilan rendah dengan yang berpenghasilan tinggi. Selain itu, masyarakat kecil tak perlu berbondong-bondong pergi ke kota untuk memperoleh penghidupan yang layak.

Oleh karena itu, ada beberapa upaya yang tengah dilakukan oleh pemerintah Indonesia terkait dengan penggerakkan sektor UKM. Misalnya program KUR (Kredit Usaha Rakyat) dan PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat). Sementara ada juga upaya strategis yang dapat dilakukan dalam rangka pemberdayaan UKM di Indonesia antara lain:
  1. Menciptakan iklim yang kondusif bagi pengembangan UKM meliputi regulasi dan perlindungan usaha.
  2. Menciptakan sistem penjaminan bagi usaha mikro.
  3. Menyediakan bantuan teknis berupa pendampingan dan bantuan manajerial.
  4. Memperbesar akses perkreditan pada lembaga keuangan.
Dengan empat langkah dukungan terhadap UKM tersebut, diharapkan sektor pemberdayaan UKM di Indonesia lebih maksimal menggerakkan roda perekonomian Indonesia yang pada akhirnya akan berakibat pada pengurangan angka kemiskinan menuju masyarakat yang sejahtera.

0 komentar