Penyebab Dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Apakah anda merasa ada sesuatu yang aneh pada rambut anda? Seperti rambut lepek dan mudah terlepas dari kulit kepala? Jangan dianggap remeh, mungkin saja anda sedang mengalami kerontokan pada rambut anda, jika hanya terdapat beberapa lembar saja rambut rontok, itu masih dalam keadaan normal, namun bagaimana jika mendapati banyak rambut yang berguguran, ini tentu harus diwaspadai.

Biasanya rambut manusia bisa rontok sebanyak 50 sampai 100 helai perhari, namun jika lebih dari 100 helai rambut rontok dalam sehari kemungkinan anda sedang mengalami kerontokan rambut, apabila sulit menghitung anda bisa memperhatikan rambut anda, apakah ada bagian yang semakin menipis setiap harinya?

Sebelum mengupas mengenai penyebab rambut rontok mungkin ada perlu mengetahui bagaimana sih siklus pertumbuhan pada rambut? Dikutif dari halaman klikdokter bahwasanya siklus pertumbuhan manusia terdapat tiga siklus yaitu anagen, catagen dan telogen, anagen adalah pertumbuhan rambut yang berkisar antara dua sampai delapan tahun, 90 persen pertumbuhan rambut manusia berada pada tahap ini.

Sedangkan catagen adalah masa transisi yang pada umumnya berlangsung antara dua sampai tiga minggu saja, pada tahap ini folikel rambut akan menciut, dan telogen adalah pertumbuhan yang berlangsung antara dua hingga empat bulan, pada siklus ini pertumbuhan rambut bisa dikatakan akan berhenti namun tidak berhenti secara total biasanya akan tumbuh 15 cm dalam kurun waktu satu tahun.

cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami

Setelah mengetahui siklus pertumbuhan rambut kini saatnya mengupas penyebab rambut rontok baik pada pria maupun pada wanita, banyak faktor yang dapat mempengaruhi kerontokan pada rambut, bahkan selain kurangnya asupan zat besi, gaya hidup yang tidak sehat pun dapat menjadi salah satu alasan rambut rontok, berikut kumpulan penyebab rambut rontok yang dirangkum dari berbagai sumber media online.

Penyebab Rambut Rontok

1. Faktor Genetik
Silsilah keturunan ternyata dapat menjadi salah satu alasan penyebab rambut rontok, jika anda mengalami rambut rontok anda bisa menanyakan kepada orang tua anda atau kepada nenek, kake anda apakah dalam keturunan anda ada yang mengalami kebotakan rambut? jika memang ada kemungkinan penyebab rontok rambut dikarenakan oleh faktor genetik anda, biasanya faktor genetik ditandai dengan kebotakan yang membentuk pola huruf U diatas kepala, pada umumnya pria yang mengalami hal semacam ini.

2. Kekurangan Vitamin D dan Zat Besi
Peran Vitamin D dan Zat Besi ternyata sangat penting untuk kesehatan rambut, peneliti dari Cairo University menyatakan bahwa kekurangan Vitamin D dan zat besi dapat mengakibatkan rambut rontok, dalam penelitiannya para ahli tersebut menemukan wanita yang mengalami rambut rontok biasanya hanya memiliki sedikit vitamin D2 dan zat besi dalam tubuhnya, dan jika hal ini tidak segera di atasi maka kerontokan akan semakin parah.

3. Gaya Hidup Tidak Sehat
Penyebab kerontokan rambut ternyata dapat dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat, ibarat tubuh manusia agar sehat tentu memerlukan nutrisi yang sehat, begitu pun dengan rambut, jika kekurangan nutrisi maka rambut akan tumbuh kurang sehat, akibatnya rambut akan mengalami kerontokan, protein, zat besi, zinc dan biotin merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh pertumbuhan rambut.

4. Hormon Estrogen
Rambut rontok ternyata dapat disebabkan oleh peningkatan secara drastis Hormon Estrogen biasanya terjadi pada saat kehamilan, kenapa bisa berimbas kepada keronotkan rambut? Karena pada saat Hormon Estrogen meningkat akan mengganggu pada petumbuhan rambut sehingga folikel rambut pun menjadi aktif padahal semestinya Folikel dalam masa istirahat, maka jangan heran jika pertumbuhan rambut pada saat kehamilan lebih cepat, namun ketika masa kehamilan berakhir maka Hormon Estrogen menjadi normal kembali begitupun engan Folikel rambut akan masuk pada fase istirahat secara bersamaan, nah perubahan yang terjadi secara tiba-tiba tersebut berdampak pada kerontokan rambut, tapi jangan khawatir rambut akan tumbuh kembali seiring berjalannya waktu.

5. Gangguan Emosional
Sebagai manusia kita tentu pernah merasakan gangguan emosional seperti stres, lalu apa kaitannya stres dengan kerontokan rambut? Ketika seseorang mengalami stres maka otot syaraf yang terdapat di bagian kepala akan menegang, pada saat terjadi ketegangan otot syaraf di kepala maka akan berimbas pada melemahnya akar syaraf rambut sehingga mudah terlepas dari kepala, untuk itu sebisa mungkin kita harus bisa mengontrol emosional agar syaraf pada kepala tetap stabil.

6. Terlalu Kencang Mengikat Rambut Baik Pria Maupun Wanita
Pada umumnya kaum hawa yang sering mengikat rambut namun tidak sedikit juga pria yang memiliki rambut panjang dan gemar mengikat rambutnya, sebagian orang mengikat rambut merupakan style untuk menunjang penampilan, namun perlu diperhatikan dalam mengikat rambut, pasalnya jika terlalu kencang maka dapat menimbulkan kerontokan rambut, ikatan rambut yang terlalu kencang akan menyebabkan akar rambut tertarik sehingga mudah rontok, disarankan jika memang harus mengikat rambut dengan kencang usahakan jangan lebih dari 2 jam.

Sebenarnya masih banyak faktor lain penyebab dari kerontokan rambut seperti polusi udara, karena penyakit, infeksi serta lainnya, lalu bagaimana cara mengatasi rambut rontok? ada masalah pasti ada solusi, begitu pun dengan kerontokan rambut, solusi untuk mengatasi rambut rontok sesungguhnya sangat berpariasi, mulai dari membeli obat penumbuh rambut, konsultasi kepada dokter dan melakukan pengobatan hingga menggunakan bahan alami yang sering kita jumpai setiap harinya.

Bagi yang mempunyai financial yang cukup, pergi ke dokter merupakan cara yang praktis, namun bagaimana jika financial kita tidak memadai untuk biaya perawatan rambut, jangan khawatir kita bisa menggunakan bahan alami sebagai penangkal kerontokan rambut, seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi kita bisa menemukan berbagai cara di media online, berikut ini merupakan kumpulan cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami dan tentu saja sangat mudah untuk dilakukan.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Bahan-bahan alami yang digunakan untuk mengatasi rambut rontok tidaklah sulit, kita sering menjumpainya bahkan menggunakannya, jenis buah-buahan, tumbuh- tumbuhan serta sayur-sayuran yang biasa kita olah sebagai makanan ternyata bisa juga digunakan untuk mencegah masalah ini, untuk itu mari kita cari tahu apa saja yang bisa mengatasi rambut rontok.

Cara Mangatasi Rambut Rontok Dengan Minyak Zaitun atau Olive Oil

Minyak Zaitun atau Olive Oil memang dikenal memiliki banyak manfaat salah satunya untuk kesehatan rambut, Minyak Zaitun berasal dari pohon Zaitun yang diolah atau diekstrak menjadi minyak dan dikelompokan berdasarkan ekstraksi serta kadar keasamannya, jenis terbaik dari minyak ini adalah extra virgin, karena hanya melalui proses perasan yang pertama kali dari buah zaitun, extra virgin memiliki tingkat keasaman hanya satu persen, kemudian ada jenis minyak zaitun virgin, jenis ini sama prosesnya dengan extra virgin namun memiliki tingkat keasaman sebanyak tiga persen.

Selanjutnya adalah minyak zaitun jenis fino, jenis ini merupakan campuran antara extra virgin dan virgin, jenis pure adalah minyak zaitun yang dihasilkan dari jenis virgin yang telah diolah yang kemudian dicampurkan dengan extra virgin, terakhir adalah jenis light, dimana minyak ini dihasilkan setelah melewati proses penyaringan sehingga warnanya agak sedikit berbeda.

Lalu jenis zat atau nutrisi apa saja yang terkandung dalam minyak zaitun sehingga dapat menyehatkan rambut?

Minyak Zaitun mengandung anti bakteri alami serta kaya dengan antioksidan, jika penyebab kerontokan rambut karena sering memaki pewarna dan kondisioner berbahan kimia berlebih maka kandungan anti bakteri dan anti jamur yang terdapat pada minyak zaitun dapat memulihkannya kembali, sehingga kerontokan rambut dapat dicegah.

Minyak Zaitun dapat Mencegah Dihidrotestosteron (DHT), hormon DHT merupakan hormon yang dapat menimbulkan efek negative terhadap kulit kepala dan pertumbuhan rambut, hormon Dihidrotestosteron dapat menyebabkan ukuran Folikel berkurang sehingga rambut tumbuh begitu tipis alhasil sangat rawan untuk kerontokan, kandungan yang ada pada minyak zaitun dapat membantu mencegah pembentukan hormon Dihidrotestosteron pada batang rambut sehingga kemungkinan rontok karena Dihidrotestosteron dapat teratasi.

Minyak Zaitun kaya akan nutrisi seperti Vitamini D, Vitamin E, Nician dan Biotin, kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk pertumbuhan rambut, jika nutrisi tersebut terserap oleh akar rambut maka rambut akan tumbuh subur dan tentu resiko kerontokan dapat dicegah.

Bagaimana cara pemakaian atau penggunaan minyak zaitun untuk mengatasi rambut rontok? Berikut langkah-langkahnya

  • Langkah pertama tentu siapkan minyak zaitun, sebagai saran gunakan minyak zaitun yang jenis Extra Virgin karena jenis ini yang terbaik
  • Langkah selanjutnya siapkan juga bahan pelengkap seperti minyak kelapa, madu, putih telur dan bubuk kayu manis, jika tidak ada, minyak kelapa pun sudah cukup.
  • Kemudian campurkan minyak zaitun dengan bahan pelengkap, porsinya bisa di sesuaikan namun di usahakan minyak zaitun harus lebih dominan dari bahan pelengkap.
  • Kemudian oleskan secara merata pada bagian rambut sambil dipijat-pijat agar kandungan minyak zaitun dapat menyerap, tutup dengan handuk atau shower cap dan diamkan selama 30 menit.
  • Langkah terakhir adalah membilasnya dengan air menggunakan shampo hingga bersih.

Untuk mendapatkan minyak zaitun sangatlah mudah, anda bisa membelinya di toko online maupun di supermarket terdekat, harganya pun berpariasi dan tentu saja relatif terjangkau untuk semua kalangan.

Cara Mangatasi Rambut Rontok Dengan Lidah Buaya

Tidak lengkap rasanya jika tidak menyertakan lidah buaya sebagai solusi untuk mengatasi rambut rontok, kita tahu bahwa lidah buaya sangat banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan termasuk kesehatan rambut, lidah buaya mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin E.

Selain mengandung vitamin, lidah buaya juga memiliki zat senyawa yang melimpah seperti kandungan enzim, asam amino, gula, sterol, antrakunion, asam salisilat serta lainnya, kandungan zat dan vitamin tersebutlah yang dapat menyehatkan pertumbuhan rambut termasuk mencegah kerontokan, maka tak heran jika tanaman ini menjadi primadona sebagai bahan baku bagi perusahaan shampo ataupun perusahaan kecantikan lainnya.

Lantas bagaimana cara menggunakan lidah buaya agar bisa mencegah kerontokan rambut? ini dia langkah-langkahnya

  • Langkah pertama siapkan 2 atau 3 lembar daun lidah buaya kemudian potong-potonglah menjadi beberapa bagian
  • Langkah selanjutnya kita ambil jel atau lendir lidah buaya tersebut, anda dapat mengupas kulit hijau lidah buaya, disarankan kupaslah dengan tipis agar lendir yang kita dapat cukup banyak dan letakan lendir tersebut pada mangkuk yang bersih.
  • Tahap selanjutnya haluskan jel atau lendir tersebut dengan menggunakan blander atau alat lainnya, perlu diketahui pada saat proses blander jangan ditambahkan air, hanya lendir nya saja yang di blander.
  • Lalu saringlah hasil jel yang telah di blander tadi untuk memastikan kebersihan jel hasil blander.
  • Kemudian basahi terlebih dahulu rambut anda lalu oleskan jel hasil saringan tadi pada rambut mulai dari pangkal hingga ujung rambut secara merata, jangan lupa untuk dipijat-pijat agar kandungan dapat menyerap pada akar rambut.
  • Setelah semua rambut terolesi oleh jel lidah buaya lalu tutuplah kepala dengan shower cap dan tunggu 5 sampai 10 menit
  • Langkah terakhir yaitu membilas rambut anda dengan air bersih yang mengalir.

Perlu diketahui juga bahwa meskipun lidah buaya terbukti sangat ampuh untuk menjaga kesehatan rambut namun adakalanya seseorang alergi dengan jenis buah- buahan atau tumbuh-tumbuhan tertentu, jadi pastikan anda tidak mempunyai alergi terhadap lidah buaya, anda bisa mencobanya dahulu dengan melakukan percobaan jika memang anda alergi terhadap lidah buaya sebaiknya konsultasi dahulu kepada dokter yang berhubungan atau menghentikan pemakaian lida buaya, seperti bahan alami lainnya lidah buaya juga mudah di dapat, selain mudah tentunya cara alami ini tidak akan menimbulkan efek samping, selamat mencoba

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Jus Kentang

Bagi yang belum mengetahui manfaat dari buah kentang mungkin akan terdengar aneh, kok bisa kentang dapat mengatasi rambut rontok? Pada dasarnya kentang merupakan jenis buah-buahan yang kaya akan karbohidrat, maka tak heran jika kentang dapat digunakan sebagai pengganti bahan pokok seperti nasi, namun tahukah bahwa ada nutrisi-nutrisi lain di dalam kentang yang sangat bagus untuk kesehatan termasuk kesehatan rambut, nutrisi tersebut adalah protein, serat, potassium, zat besi, zink, kalsium, fosfor, vitamin A, B, C, beberapa nutrisi tersebut diyakini dapat menyehatkan rambut termasuk mencegah rambut rontok.

Seperti yang dilansir dari halaman wikihow Indonesia bahwa salah satu penyebab rambut rontok adalah kekurangan Vitamin B seperti riboflavin dan biotin,bukti ilmiah menyatakan bahwa mengkonsumsi Vitamin B sangat bagus untuk kesehatan rambut, Vitamin B tersebut memang terkandung dalam kentang, jadi karena alasan itulah kenapa kentang dapat mengatasi kerontokan rambut, lalu bagaimana cara pembuatannya?

Caranya :

  • Siapkan satu atau dua buah kentang
  • Lalu kupaslah kentang tersebut dan potong kecil-kecil
  • Kemudian blander hasil potongan ketang tersebut
  • Jangan lupa siapkan Madu sebagai bahan pelengkap (Jika ada)
  • Tahap selanjutnya campurkan hasil blander ketang dengan madu secukupnya
  • Kemudian oleskan pada rambut mulai dari akar hingga ujung, diamkan selama satu atau dua jam
  • Terakhir bilas dengan air hingga bersih jangan lupa menggunakan shampo
  • lakukan setidaknya 2 kali dalam seminggu.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bawang Putih Atau Bawang Merah

Mengatasi rambut rontok ternyata tidak harus mahal, anda bisa menggunakan bahan-bahan yang terdapat di dapur anda salah satunya bawang baik bawang putih maupun bawang merah, adapun alasan kenapa bawang bisa menangkal rambut rontok? Bawang memiliki kandungan antibakteri yang berfungsi sebagai pemusnah bakteri atau parasit yang ada di kepala.

Selain itu kandungan antibakteri juga dapat mengobati infeksi sehingga kulit kepala tetap sehat dan pertumbuhan rambut pun lancar, kandungan lain selain antibakteri yaitu Sulfur, kandungan sulfur diyakini dapat meningkatkan sirkulasi darah serta mampu merangsang pertumbuhan rambut, itulah kenapa bawang dapat mengatasi rambut rontok, untuk penerapannya pun sangat mudah.

Caranya:

  • Siapkan beberapa siung bawang putih
  • Lalu Blander hingga halus
  • Kemudian terapkan pada kulit kepala hingga merata dan diamkan selama minimal 30 menit
  • Selanjutnya bilas atau cuci rambut dengan sampo ringan hingga bersih
  • Lakukan selama 3 kali dalam seminggu
  • Anda juga bisa menambahkan bahan tambahan seperti madu, hanya mencapurkannya saja kemudian terapkan pada kulit kepala.
  • Untuk melihat hasilnya menurut media online anda dapat melihat setelah satu atau dua bulan
  • Untuk pembuatan dengan bawang merah caranya sama saja.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Jahe

Khasiat jahe untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi, bahkan banyak perusahaan kesehatan yang menggunakan jahe sebagai bahan bakunya, di Indonesia jahe sering dibuat sebagai minuman kesehatan untuk memberikan rasa hangat pada tubuh, minuman seperti sekoteng, bandrek dan wedang jahe merupakan minuman hasil olahan jahe yang paling digemari oleh masyarakat, namun tahukah bahwa jahe juga ternyata dapat mencegah kerontokan rambut, mengapa demikian?

Kandungan Gizi dalam jahe seperti Protein, Vitamin A, Kalsium, Vitamin D, Vitamin B12, Vitamin C, Zat besi, Vitamin B6, Magnesium diyakini mampu memberikan kesehatan pada tubuh termasuk pada rambut, nutrisi-nutrisi tersebutlah yang menjadi alasan kenapa jahe baik untuk kesehatan rambut, lantas bagaimana cara membuatnya? Berikut cara mengaplikasikan jahe untuk mengatasi rambut rontok

Cara Pembuatan:

  • Langkah pertama adalah menyiapakan beberapa ruas jahe kemudian cuci hingga bersih
  • Kemudian kupas kulit jahe dan haluskan, bisa menggunakan parutan atau ditumbuk
  • Lalu oleskan jahe yang sudah halus kebagian kepala yang mengalami kerontokan rambut
  • Agara kandungan yang terdapat pada jahe dapat diserap dengan baik oleh akar tambut, sebaiknya anda melakukan pijatan secara perlahan
  • Diamkan selama sekitar 30 menit lalu bilas dengan air sampai bersih
  • anda bisa melakukannya minimal sekali dalam seminggu dalam kurun waktu 3 bulan

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Jeruk Nipis

Buah yang memiliki nama latin Citrus aurantifolia memang sudah dikenal memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia, kandungan Vitamin C yang lebih banyak jika dibandingkan dengan buah jeruk biasa serta antioksidan telah membuktikan bahwa jeruk nipis mampu memberikan manfaat yang luar biasa, berikut manfaat jeruk nipis yang berhasil di rangkum dari berbagai sumber.

Jeruk nipis dapat mengangkat sel kulit mati, membersihkan komedo, membuat wajah lebih sehat dan bersinar, jeruk nipis dapat mengobati Ambeien, Amandel, Anyang-anyangan, Batuk, Bau Badan, Demam, Flu, Batu Ginjal, Jerawat, Mengatasi rambut rontok dan ketombe, radang tenggorokan, Panu, Sakit Gigi serta manfaat lainnya,

Salah atu dari berbagai manfaat di atas adalah dapat mengatasi rambut rontok dan ketombe, hal ini bukan tanpa alasan, di dalam jeruk nipis terkandung minyak limonene dan linalool serta flavonoidseperti poncirin, hesperidine, rhoifolin dan naringin, sementara kandungan yang ada di dalam buah nipis yang masak adalah synephrine dan N-methyltyramine, asam sitrat, kalsium, fosfor, besi serta vitamin A, B1, dan C, asam sitrat dalam jeruk nipis inilah yang dapat memberatas ketombe sehingga rambut lebih sehat dan tidak mudah rontok, itulah kenapa jeruk nipis dipilih sebagai salah satu solusi untuk mengatasi rambut rontok, untuk cara pembuatannya sangat mudah.

Cara Pembuatan:

  • Cara yang paling mudah adalah dengan memeras jeruk nipis kemudian campurkan dengan air lalu bilaskan pada rambut.
  • Cara lainnya yaitu dengan cara memotong jeruk nipis menjadi beberapa bagian
  • Kemudian oleskan pada semua bagian rambut hingga merata lalu tutup dengan handuk atau shower cap
  • Lalu diamkan sekitar 6 jam kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Perlu diketahui bahwa jeruk nipis memiliki kandungan pH yang cukup tinggi, jadi tidak bagus juga jika dilakukan setiap hari, lakukanlah seminggu sekali atau sebulan sekali, sampai anda melihat hasilnya.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Alpukat

Masih menggunakan bahan alami, kali ini buah Alpukat sebagai solusi untuk mengatasi rambut rontok, selain enak di buat jus ternyata buah alpukat memiliki banyak manfaat bagi tubuh termasuk kesehatan rambut, dilansir dari halaman wikipedia daging buah alpukat dapat dijadikan sebagai bahan dasar beberapa produk kosmetik untuk kecantikan, selain itu daging buah alpukat juga dapat mengobati sariawan serta mampu melembabkan kulit yang kering.

Sementara daun alpukat mampu mengobati penyakit seperti, darah tinggi, kencing batu, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung serta saluran pernafasan yang membengkak, biji alpukat digunakan untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis, itulah beberapa manfaat alpukat selain untuk kesehatan rambut.

Lalu kenapa buah alpukat dapat menyehatkan rambut terutama mengatasi rambut rontok? Di dalam buah alpukat mengandung berbagai nutrisi seperti zat anti aging, zat besi, kalsium, phospor, zodium, potasium, vitamin A, B kompleks, C dan vitamin E yang sangat bagus untuk pertumbuhan rambut, tak lupa kandungan antioksidan serta zat senyawa yang ada di dalamnya diyakini dapat memperbaiki kerusakan pada batang rambut dan mampu mengembalikan kekuatan rambut sehingga tidak mudah rontok, cara penerapannya pun tidak sulit, hanya dengan membuat masker rambut saja, untuk lengkapnya berikut cara membuat masker buah alpukat untuk mencegah rambut rontok.

Cara Pembuatan:

  • Siapkan buah alpukat, kupas dan ambil dagingnya kemudian haluskan, bisa memakai sendok atau di blander
  • Jika ada tambahkan bahan pelengkap lain, seperti kuning telur, santen, minyak zaitun dan sebagainya, jika tidak ada daging buah alpukat juga sudah cukup
  • Jika telah halus oleskan pada rambut hingga merata dan tunggu kira-kira 30 menit, namun sebelum mengoleskan basahi dulu rambut anda
  • Terakhir bilas dengan air sampai bersih, lakukan setidaknya 2 kali dalam seminggu.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Minyak Kemiri

Sebagai masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan minyak kemiri yang memiliki khasiat luar biasa, dari jaman dahulu minyak kemiri memang sudah dikenal sebagai minyak untuk perawatan rambut, mulai dari mencegah rambut rontok, menyuburkan rambut, menjaga agar rambut tetap kuat dan sebagainya, sebenarnya apa saja sih zat yang terkandung dalam kemiri sehingga orang-orang meyakini bahwa minyak kemiri dapat menjadi solusi dari berbagai permasalahan rambut?

Kepercayaan terhadap minyak kemiri dalam menjaga kesehatan rambut bukan tanpa alasan, jenis rempah-rempah ini ternyata mengandung banyak nutrisi seperti protein, vitamin B1 dan lemak tak jenuh, adapun mineral yang terkandung dalam kemiri adalah kalium, magnesium, zat besi, fosfor serta kalsium, disamping itu kemiri juga mengandung senyawa kimia seperti zat polivenol, gliserida, saponin dan asam linoleat, sementara nutrisi dan senyawa kimia yang paling dominan adalah asam amino

Kita tahu bahwa asam amino sangat penting bagi kesehatan tubuh, salah satu fungsi asam amino adalah sebagai pembentuk protein serta sebagai zat penumbuh sel-sel pada tubuh, dengan adanya asam amino maka pembentukan protein akan lancar, protein memiliki fungsi sebagai pembentuk antibodi serta mampu memperbaharui sel-sel mati pada tubuh.

Sehingga jika terdapat sel-sel mati pada kulit kepala maka minyak kemiri ini akan mampu memperbaharui sel-sel tersebut sehingga pertumbuhan rambut akan terjaga serta kerontokan pun dapat teratasi, meski demikian nutrisi dan mineral lain pun sangat memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan rambut, itulah kenapa kemiri sangat bagus untuk kesehatan rambut, lalu bagaimana dalam penerapannya, caranya sangat mudah.

Cara penerapan:

  • Langkah pertama tentu anda telah memiliki minyak kemiri
  • Kemudian tuangkan beberapa tetes minyak kemiri pada telapak tangan
  • Gosok-gosok telapak tangan hingga minyak kemiri merata pada telapak tangan anda
  • Lalu usapkan pada rambut sambil di pijat-pijat halus dan diamkan selama 30 sampai 1 jam
  • Terakhir bilas dengan air menggunakan shampo secukupnya, lakukan minimal 3 kali dalam seminggu.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Daun Jambu Biji

Mungkin sebagian orang telah tahu bahwa daun jambu biji dapat mengatasi rambut rontok, namun bagi yang belum mengetahuinya tentu saja ini akan terdengar sedikit aneh, pada umumnya daun jambu biji sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit diare, namun belakangan ini ternyata daun jambu biji sangat ampuh untuk menjaga kesehatan rambut.

Bagi yang bertanya-tanya kenapa daun jambu biji dapat mengatasi rambut rontok? Alasan paling kuat yang saya temukan di media online yaitu adanya kandungan vitamin B pada daun jambu biji, kandungan vitamin B sangat penting peranannya, jika asupan vitamin B lancar maka pertumbuhan rambut akan sesuai dengan harapan yakni tumbuh subur dan kuat, bagi yang penasaran bagaimana cara menggunakan daun jambu untuk mengatasi rambut rontok, simak uraiannya.

Cara Pembuatan:

  • Langkah pertama siapkan segenggam daun jambu biji atau sekitar 20 sampai 30 lembar, lalu cuci hingga bersih
  • Kemudian rebus daun jambu biji tersebut dengan menggunakan air sebanyak kira-kira satu liter selama 15 hingga 20 menit sampai berubah warna menjadi agak kecoklatan
  • Lalu diamkan selama kurang lebih satu malam atau tunggu air rebusan tersebut menjadi dingin
  • Langkah selanjutnya saring air rebusa tersebut dan balurkan pada rambut hingga merata, anda bisa melakukan pijatan ringan agar air rebusan daun jambu biji dapat menyerap pada akar rambut
  • Tunggu beberapa saat sekitar 15 atau 20 menit lalu bilas dengan air sampai bersih, bisa juga untuk membersihkan menggunakan shampo ringan
  • Lakukan 2 kali dalam seminggu dan lihat hasilnya 1 sampai 2 bulan.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Konsultasi Pada Dokter

Jika anda telah berusaha semaximal mungkin dalam mengatasi rambut rontok, namun belum juga berhasil maka langkah terakhir adalah berkonsultasi pada dokter ahli, ditakutkan anda mengalami gejala kesehatan yang lebih serius seperti ketidakseimbangan hormon, ketidaknormalan kelenjar tiroid, anemia dan lupus, pastikan anda mendapatkan jawaban dari permasalahan rambut anda, terkadang memang ada beberapa penyakit yang harus mendapatkan bimbingan dokter dalam mengatasinya.

Pada dasarnya kebanyakan produk kecantikan seperti obat penumbuh rambut, obat penangkal rambut rontok dan sebagainya menggunakan bahan dasar dari alam, hanya saja mereka mampu mengkombinasikan menjadi sebuah produk siap saji yang dijual dengan harga yang lumayan mahal, membuat ramuan sendiri dengan bahan yang benar-benar murni dari bahan alam merupakan salah satu cara efektif agar terhindar dari efek samping, semoga tips dan cara diatas dapat bermanfaat, selamat mencoba

0 komentar