Cara Zip File Tanpa Aplikasi Atau Menggunakan Aplikasi

Cara Zip File - Pernahkah anda mengalami kesulitan ketika akan mengirimkan banyak file melalui internet? Jika hanya satu atau lima file mungkin akan terasa ringan, tapi bagaimana jika ratusan file harus dikirim pada saat itu juga, jika kita kirim satu persatu bayangkan berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk menyelesaikan semuanya, untuk itu perlu beberapa trik agar semuanya cepat selesai.

Kali ini Caraone akan mencoba menshare bagaimana cara melakukan zip file, agar dapat menggabungkan beberapa file menjadi satu, namun memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga ketika mengirim melalui internet lancar tanpa hambatan, caranya sangat mudah dan sangat simple.

Mungkin sebagian orang telah mengetahui tentang cara men-zip file, namun tentu saja bagi yang belum mengetahui akan mengalami kesulitan, seperti halnya saya, ketika belum mengetahui apa itu zip file, secara umum fungsi dari zip yakni mengumpulkan beberapa file menjadi satu, seperti halnya membuat sebuah folder, namun bedanya, jika kita membuat folder yang berisi banyak file tentu tidak bisa dikirim melalui email, berbeda dengan zip, file-file yang sudah dijadikan zip bisa kita kirim melalui email.

Ada dua cara untuk men-zip file yaitu membuat zip file tanpa aplikasi atau sofware dan men-zip file menggunakan aplikasi dalam hal ini menggunakan sofware. Windows sendiri telah menyediakan fasilitas ini, jika hanya membuat zip saja anda bisa melakukan nya dengan mudah, berikut langkah-langkahnya.

Cara Zip File Tanpa Menggunakan Aplikasi

cara-zip-file
  1. Langkah pertama buka file-file yang akan anda jadikan zip
  2. Langkah selanjutnya block semua file-file tersebut kemudian klik kanan =>> sent to =>> Compressed (zipped) Folder.
  3. Jika ingin mengganti nama file zip tersebut, jangan hapus ektensi “.zip” cukup nama depannya saja anda ganti.

Cukup mudah bukan! tapi jika komputer belum tersedia aplikasi tambahan zip tentu tidak akan bisa membuka file yang ber-ektensi zip atau rar, untuk itu perlu adanya aplikasi tambahan seperti 7-zip, winzip atau winrar, anda bisa menemukan sofware tersebut di internet dengan mudah bahkan tersedia versi gratisannya, hanya mengetikan nama salah satu nya saja di pencarian google anda akan menemukan sofware tersebut, jika sudah tersedia pada komputer, namun bingung menggunakannya, berikut langkah-langkah men-zip file menggunakan bantuan aplikasi tambahan.

Cara Zip File Menggunakan Aplikasi Atau Sofware


Cara kedua yaitu menggunakan bantuan dari sebuah aplikasi atau sofware, biasa saya menggunakan winzip, apa itu winzip? Jika dilihat dari fungsinya winzip memiliki 4 fungsi utama yaitu, archive, compress, extract dan decompress. Mari kita bahas satu persatu dari 4 fungsi tersebut.

Archive berfungsi untuk menyimpan beberapa file dari komputer menjadi satu yang kemudian akan menjadi file yang ber-ektensi zip atau rar
Compress berfungsi untuk memperkecil ukuran file-file yang di zip sehingga lebih efesien, biasanya ketika melakukan zip, file-file yang nanti tersimpan di archive akan secara otomatis tercompress sehingga ukurannya menjadi lebih kecil dari aslinya
Extract berfungsi untuk membuka file yang ber-ektensi zip atau rar, jika pada suatu komputer belum terdapat aplikasi winzip atau sejenisnya maka tidak akan bisa membuka file yang ber-ektensi zip atau rar.
Decompress berfungsi untuk mengubah file-file yang tadi di zip kembali ke file normal, biasanya extract dan decompres telah menjadi satu, sehingga ketika kita membuka file zip dengan cara meng-ektarct nya maka secara otomatis file-file tersebut akan kembali ke file yang sebenarnya atau normal.

Selain 4 fungsi tersebut, ada satu lagi fungsi yang bisa digunakan yaitu adanya fasilitas security, kita bisa membuat password ketika melakukan zip, dan file zip yang kita buat dengan password tadi, akan meminta password kembali pada saat kita akan membukanya, jadi lebih aman, terlebih jika kita akan mengirimkan documen penting.

Lalu bagaimana cara mendapatkan aplikasi winzip, anda bisa mencari di google, ketikan saja  winzip” maka akan keluar beberapa info tentang sofware ini, dan jika anda telah berhasil mendapatkannya dan telah ter-install pada pada komputer anda itu artinya anda telah bisa membuka file yang ber-ektensi zip dan rar, tinggal klik kanan dan pilih ektact files, dan untuk penggunaan winzip sangat mudah sekali, berikut langkah-langkah cara zip file menggunakan winzip.
  1. Buka file-file yang akan anda jadikan zip
  2. Blok semua file tersebut kemudian klik kanan =>> pilih “add to arcive”
  3. Pilih ektensi apakah mau zip atau rar, jangan lupa untuk memberi nama file tersebut kemudian klik Ok
  4. Tunggu proses zip file hingga selesai

Seharusnya anda telah berhasil membuat sebuah file zip dan siap untuk di kirim melalui internet, baik menggunakan email, gmail atau layanan yang sejenisnya, selamat mencoba dan semoga berhasil

0 komentar